Kesadaran Kanker Kulit

Setiap tahun di Inggris, ada lebih dari 65.000 kasus baru gejala awal kanker serviks non-melanoma dan lebih dari 8.000 kasus baru melanoma ganas. Kanker kulit menjadi lebih luas: jumlah kasus meningkat dua kali lipat dalam 20 tahun terakhir. Bahkan, ada lebih banyak kematian kanker kulit di Inggris daripada di Australia, meskipun Australia memiliki lebih banyak kasus penyakit.

Ada tiga jenis utama kanker kulit: karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma ganas. Melanoma maligna adalah jenis kanker kulit yang paling serius karena kanker dapat menyebar ke organ lain di dalam tubuh (metastasis). Kanker kulit melanoma biasanya berpigmen atau berwarna dan lebih berbahaya. Banyak mol tidak bersifat kanker, tetapi penting untuk mengawasi mereka.

Berbagai pilihan perawatan telah terbukti berhasil dalam mengobati kanker kulit. Tapi sekitar 1.800 orang masih meninggal karena kanker kulit melanoma ganas setiap tahunnya. Perawatan mungkin termasuk operasi pengangkatan, kemoterapi, radioterapi atau terapi biologis, tergantung pada jenis kanker kulit. Ketika kanker kulit ditemukan lebih awal, akan lebih mudah untuk diobati. Jika didiagnosis terlambat, pengobatan biasanya tidak dapat menyembuhkan kanker.

Melanoma maligna lebih sering terjadi pada wanita daripada pria, adalah salah satu kanker yang paling umum pada orang berusia 20 hingga 35 tahun dan mempengaruhi orang yang bekerja di dalam ruangan lebih dari mereka yang bekerja di luar. Kanker kulit non-melanoma mempengaruhi pria lebih dari wanita, serta orang yang lebih tua, terutama mereka yang telah menghabiskan banyak waktu bekerja di luar ruangan. Terlalu banyak paparan sinar matahari dan terbakar matahari di masa kanak-kanak dan tahun-tahun remaja dapat menyebabkan kanker kulit di kemudian hari, sehingga anak-anak pada khususnya harus dilindungi.

Mereka yang paling berisiko terkena kanker kulit adalah orang-orang dengan kulit terang atau cerah, bintik-bintik, yang membakar lobster merah di bawah sinar matahari, sudah memiliki tahi lalat dan / atau menghabiskan terlalu lama di bawah sinar matahari tanpa perlindungan. Orang berkulit coklat atau berkulit hitam jarang terkena kanker kulit, tetapi semua orang harus berhati-hati. Ada beberapa penyakit kulit langka yang diwariskan yang membuat orang sangat sensitif terhadap sinar matahari dan jauh lebih mungkin untuk mendapatkan jenis kanker kulit.

Karena tidak selalu mungkin membedakan antara kanker kulit dan kondisi kulit jinak hanya dengan pemeriksaan saja, Anda mungkin perlu melakukan biopsi. Jika itu dikonfirmasi sebagai kanker, itu akan dihapus dengan operasi atau radioterapi, tergantung pada ukuran dan jenisnya.

UVB diketahui menyebabkan kulit terbakar dan kanker kulit, sehingga krim matahari pada awalnya dirancang untuk memblokir hanya UVB. Kita sekarang tahu bahwa UVA juga dapat menyebabkan kanker kulit dan, hari-hari ini, beberapa krim matahari menghalangi banyak UVA serta UVB.

Namun, perhatian utama adalah bahwa, karena krim matahari mencegah pembakaran, mereka membuat orang berpikir mereka dapat menghabiskan lebih lama di bawah sinar matahari, yang pasti akan meningkatkan risiko mereka terkena kanker kulit.